[googlefa13707338eb01d4.html] Spesifikasi Suzuki Aerio
Posted by : Mimin Tuesday, May 28, 2013

Spesifikasi Suzuki Aerio Ulasan

Suzuki Aerio adalah mobil jenis hatchback yang mulai dikeluarkan tahun 2001 oleh suzuki dan tidak dikeluarkan lagi kira-kira tahun 2008, mobil ini termasuk pioner dari hatchback di Indonesia berperan besar dalam membuka pasar hatchback atau city car. Kemunculannya tahun 2001 sempat mendapat antusiasme yang pasar otomotif tanah air akan tetapi kemunculan honda jazz maupun yaris yang memiliki desain eksterior lebih manis membuat mobil aerio seolah terlupakan, sebenarnya untuk ukuran
kualitas suzuki aerio tidak kalah dengan city car seperti yaris atau jazz kala itu hanya masalah promosi dan tampilan yang sedikit di bawah jazz membuat Suzuki Aerio kalah dalam persaingan mobil hatchback.
Eksterior
Desain Eksterior Suzuki Aerio sebenarnya diambilkan dari Aerio Sedan yang mana aerio sedan sangat manis. Desain Aerio Sedan dan Aerio Hatchback sangat mirip mulai dari grill depan, kap mobil sampai sisi samping mobil, perbedaan hanya pada desain bagian belakang mobil yang mana aerio sedan memiliki bagasi khas sedan sedangkan Aerio Hatchback memiliki bagasi di dalam kabin khas mobil hatchback.
Perubahan bagian belakang mobil ini menyebabkan tampilan Aerio Hatchback sedikit terkesan dipaksakan, desain sporty pada aerio sedan tidak nampak pada aerio hatchback bagian kabin yang besar sampai kebelakang sedangkan pada bagian depan (kap mobil) masih milik sedan yang sedikit lebih pendek dan panjang dari jazz ataupun yaris meskipun untuk desain mobil tahun 2000an hal ini bisa dimaklumi.
Berikut ini adalah dimensi Suzuki Aerio :
* Panjang Suzuki Aerio : 4230 mm
* Lebar Suzuki Aerio: 1690 mm
* Tinggi : 1550 mm
* Jarak sumbu roda : 2480 mm
* Jarak terendah mobil/ ground clearance: 15 cm
* Radius putar mininumum : 5 m
* Kapasitas penumpang suzuki aerio adalah 5 orang (maksimal)
* Kapasitas tangki bahan bakar 50 liter
Ini penampakan aerio sedan
Interior
Banyak yang mengatakan bahwa Aerio memiliki desain interior yang kurang pas yakni bagi sebagian orang merasa kabin Suzuki Aerio terlalu sempit. Hal ini tidak salah memang pada bagian kursi depan mobil ini terlalu dekat dengan setir sehingga untuk orang yang tinggi kurang nyaman mengendarai apa lagi gemuk, sedangkan untuk kursi baris ke dua juga demikian (menurut penulis terlalu sempit) sehingga kurang nyaman bagi penumpang (kurang lega), desain kursi belakang yang kurang miring juga membuat penumpang kurang nyaman apa lagi jika menempuh perjalanan jauh.
Untuk fitur tergolong standart karena juga mobil lawas, akan tetapi sudah dibekali AC, Indikator suhu mesin,  lain-lain bisa dicek sendiri kalo pas mau beli bisa test drive dulu akan tetapi cukup sederhana interior Aerio ini. Kelebihan interior suzuki aerio adalah pada luasnya bagasi sehingga dapat memuat barang yang lebih banyak dari city car lain seperti Jazz atau Yariz.
Mesin dan Performa
Mobil-mobil besutan suzuki selalu memiliki mesin yang bagus terutama untuk mobil tahun 1990 sampai 2000 an semisal katana, carry, baleno, escudo dan lain-lain tak ketinggalan juga Suzuki Aerio. Mobil besutan suzuki terkenal bandel dalam mesin, murah dalam suku cadang, cukup baik dalam hal jaringan service, jadi tidak perlu khawatir masalah suku cadang dan performa mesin mobil bandel besutan suzuki, di bawah ini kami sajikan spek Suzuki Aerio.
Spesifikasi Mesin Suzuki Aerio :
* Tipe mesin : M 15 A-DOHC-VVT, 16 valve
* Kapasitas silinder mesin: 1500 cc atau tepatnya 1.490 cc
* Bahan bakar : Premium
* Rasio kompresi : 9.5 : 1
* Daya tenaga maksimum : 110 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm
* Torsi maksimum : 143 Nm (14.6 kg.m) pada 4.000 Rpm
* Sistem pasokan bahan bakar : EPI
* Transmisi : ada yang mnual dan ada yang otomatis
Cukup bertenaga bukan, sebagai perbandingan tenaga honda Jazz terbaru tahun 2012 adalah 120 Ps (ini tergolong besar dikelasnya), sebagai perbandingan tenaga avanza veloz 2013 hanya 103 Ps.
Keunggulan Suzuki Aerio adalah pada mesin yang bandel dan tenaga yang paling besar untuk hatchback di kelasnya pada tahun yang sama. Konsumsi bahan bakar Suzuki Aerio juga tergolong cukup irit yakni 1:10 untuk dalam kota dan 1:13 untuk luar kota (sebanding dengan tenaganya)
Akselerasi mobil tidak kami dapatkan secara pasti akan tetapi jika melihat tenaga mobil yang cukup besar dengan bobot yang cukup ringan maka akselerasi Suzuki Aerio tidak kalah dengan Jazz atau Yariz pada tahun yang sama.
Harga
Harga Suzuki Aerio temasuk paling rendah diantara mobil sekelasnya pada tahun yang sama (jazz dan yariz) hal ini terkait dengan masyarakat kebanyakan yang kurang menyukai desain mobil ini, berikut harga suzuki aerio (rata-rata):
* Harga Suzuki Aerio tahun 2001 : Rp. 75 juta
* Harga Suzuki Aerio tahun 2002 : Rp. 80 juta
* Harga Suzuki Aerio tahun 2003 : Rp. 85 juta
* Harga Suzuki Aerio tahun 2004 : Rp. 90 juta
* Harga Suzuki Aerio tahun 2005 : Rp. 95 juta
* Harga Suzuki Aerio tahun 2006 : Rp. 100 juta
* Harga Suzuki Aerio tahun 2007 : Rp. 105 juta
Harga diatas hanyalah rata-rata, cek pada dealer kota setempat sebelum membeli
Keunggulan dan Kekurangan
Kelebihan dan kelemahan ini didasarkan pada pengalaman konsumen
Keunggulan Suzuki Aerio:
- Harga beli murah
- Suku cadang / sparepart banyak dan murah
- Mesin bandel
- Minim perawatan
- Bagasi luas
Kekurangan Suzuki Aerio:
- Desain eksterior kurang diminati
- Ruangan penumpang sempit
- Posisi kursi belakang terlalu tegak
- Kaca film mudah beret
Rival Suzuki Aerio adalah:
* Toyota yaris generasi pertama
* Honda Jazz generasi pertama
 
 


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Total Tayangan Laman

Twitter Bird

Powered by Blogger.

- Copyright © Northzero -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -